OKAERINASAI MINNA SAN :) "JINSEI WA OKURIMONODEARI, JINSEI WA YORIYOI NINGEN NI NARU TAME NO TOKKEN, KIKAI, SEKININ O WATASHITACHI NI ATAETE KUREMASU"
HIDUP ADALAH SEBUAH PEMBERIAN, DAN HIDUP MEMBERIKAN KITA KEISTIMEWAAN, KESEMPATAN, DAN TANGGUNG JAWAB UNTUK MENJADI SESEORANG YANG LEBIH BAIK :)

Friday, 9 February 2018

SEJARAH PENGGUNAAN EMAS SEBAGAI STANDAR SISTEM KEUANGAN



Penggunaan Emas dalam Bidang moneter dan keuangan biasanya dicetak dalam bentuk koin dengan karat dan berat tertentu. Selanjutnya dipakai dalam perdagangan berdasarkan nilai moneter absolut dari nilai emas itu sendiri.

      Dalam perdagangan dunia, emas diperjualbelikan dengan USD. Satuan berat emas adalah troy ounce atau setara dengan 31.1 gram. Saat ini, bentuk penggunaan Emas dalam bidang moneter sebagai investasi, perdagangan, dan cadangan bank sentral yang biasanya berupa bullion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat, mulai dari 1 gram hingga kilogram.

      Sebagai alat tukar, nilai emas tersebut melekat erat pada fisiknya. karena keterbatasan jumlahnya, nilai emas itu sendiri, tidak ada yang menjamin, dan sesuai mekanisme pasar. Emas mempunyai nilai lintas negara, dinegara manapun nilainya emas sama, sesuai nilai yang melekat pada fisiknya. Tidak seperti uang kertas, terkadang suatu mata uang negara tidak diterima (karena tidak bernilai) dinegara lain.

No comments:

Post a Comment