OKAERINASAI MINNA SAN :) "JINSEI WA OKURIMONODEARI, JINSEI WA YORIYOI NINGEN NI NARU TAME NO TOKKEN, KIKAI, SEKININ O WATASHITACHI NI ATAETE KUREMASU"
HIDUP ADALAH SEBUAH PEMBERIAN, DAN HIDUP MEMBERIKAN KITA KEISTIMEWAAN, KESEMPATAN, DAN TANGGUNG JAWAB UNTUK MENJADI SESEORANG YANG LEBIH BAIK :)

Thursday, 1 November 2018

INILAH 5 DAFTAR ASET CRYPTOCURRENCY TERBAIK SETELAH BITCOIN

Pernahkah kalian mendengar Cryptocurrency? dan apakah yang dimaksud dengan cryptocurrency?? 


mengutip dari situs wikipedia Cryptocurrency adalah aset digital yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Cryptocurrency adalah jenis mata uang alternatif dan mata uang digital.

Bagaimana Cara Cryptocurrency bekerja?

 

Satoshi Nakamoto telah berhasil menemukan sebuah sistem yang revolusioner yaitu sistem yang berfungsi untuk memudahkan transaksi uang digital terdesentralisasi.
Sistem uang terdesentralisasi adalah sebuah jaringan yang mampu menghubungkan para penggunanya tanpa kebutuhan perantara atau pihak ketiga atau otoritas pusat seperti perbankan atau pemerintah.
Hanya dengan smartphone berbasis Android atau laptop yang terhubung dengan internet, Anda dapat mengirim dan menerima uang dari manapun dan ke mana pun di seluruh dunia.

Pada saat ini sudah tercatat sebanyak 904 jenis mata uang cryptocurrency yang tersebar di seluruh dunia. namun pada kali ini saya hanya akan membahas 10 cryptocurrency yang paling populer menurut coinmarketcap.com

1. Bitcoin


Bitcoin adalah sebuah uang yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali. 

Saat artikel ini ditulis harga 1 keping Bitcoin saat ini mencapai $ 8010 kurang lebih setara dengan Rp 100 jutaan.Harga yang sangat fantastis, dibandingkan dengan harga dulu yang kurang dari $1.


Berikut harga 1 Bitcoin dari Tahun 2009 sampai artikel ini dibuat :

2009 : $0,00099 sekitar Rp13.3
2010 : $0.008 sekitar Rp108
2011 : $3,4 sekitar Rp45900
2012 : $12,25 sekitar Rp165375
2013 : $1022.37 sekitar Rp13797000   


Menjelang tahun 2014 harga Bitcoin turun dikarenakan Pemerintah China melarang lembaga – lembaga untuk menggunakan bitcoin
 

2014 - 2015: $313.38 sekitar Rp 4jutaan
2016 : $918 sekitar Rp12jutaan

Pemeritah jepang melegalkan bitcoin untuk transaksi,dampaknya membuat harga bitcoin naik pesat
 

2017 : $19744 sekitar Rp266jutaan

lalu tahun 2018 Harga bitcoin turun dikarenakan kebijakan Google, Facebook, dan sosial media lainnya menghapus iklan dari crypto. Banyak pakar Cryptocurrency memprediksi akhir tahun 2018 harga bitcoin akan mencapai $30000 - $50000 bahkan John McAfee memprediksi pada tahun 2020 harga bitcoin akan mencapai $1000000 atau sekitar Rp13.5 milyar. woowww 


2. Ethereum


Ethereum merupakan cryptocurrency terbaik setelah bitcoin.
Etherium disebut sebagai program komputer yang terdesentralisasi yang berjalan dengan smart kontrak atau aplikasi pemrograman yang berjalan sendiri tanpa kemungkinan down, sensor, pemalsuan dan pengaturan oleh pihak ketiga.
Saat ini, nilai seluruh Ether di dunia sudah mencapai angka US$905 juta (sekitar Rp12 triliun). Jauh mengungguli mata uang virtual lainnya, seperti Ripple (U$261 juta / sekitar Rp3,5 triliun) dan Litecoin (US$147 juta / sekitar Rp1,9 triliun). Ether hanya kalah dari Bitcoin yang nilai totalnya saat ini mencapai US$6,5 miliar (sekitar Rp87 triliun).

3. XRP 

Ripple atau biasa orang kerap menyebutnya XRP secara tertutup untuk membuat sistem pembayaran yang aman, mudah, dan cepat. Akan tetapi pada tahun 2013, Ripple Network memutuskan untuk membuat proyek ini menjadi open source di bawah lisensi ISC. Ripple menggunakan algoritme Consensus yang memungkinkan proses pembayaran, pertukaran, dan pengiriman uang secara terdistribusi. Kapitalisasi pasar: US$19,9 miliar (sekitar Rp284 triliun)

Ripple (XRP) saat ini menempati posisi ketiga pada peringkat mata uang kripto paling populer pada tahun 2017, setelah ETH dan Bitcoin. nilai mata uang kripto Ripple (XRP) terbilang kecil dan tidak sebanding dengan Bitcoin. Saat ini Bitcoin (BTC) sudah diperdagangkan di harga $ 5,570.21 per 1 BTC Sedangkan Ripple (XRP) hanya diperdagangkan pada harga $ 0.21249 (sekitar Rp2,800 per 1 XRP).
Namun, meskipun harga Ripple (XRP) saat ini memang belum sebesar Bitcoin (BTC), pertumbuhan Ripple sudah mencapai 3,500% dari awal tahun sampai hari ini (19 Oktober 2017). Yaitu dari harga $ 0.06 per 1 XRP pada awal tahun, sampai $ 0.212 per 1 XRP hari ini. Angka pertumbuhan tersebut sudah mengungguli pertumbuhan Bitcoin tahun ini, yaitu sekitar 350%.

4. Bitcoin Cash 


Pada awal Agustus 2017 kemarin, Bitcoin memang telah pecah menjadi mata uang berbeda, yakni Bitcoin dan Bitcoin Cash (BCH). Bitcoin merupakan mata uang yang selama ini telah populer. Sedangkan Bitcoin Cash ialah mata uang yang baru saja muncul.  Pihak Bitcoin Exchange di Australia yang sudah membuka platform trade Bitcoin Crash menyatakan bahwa minat masyarakat pada Bitcoin Cash memang meledak.
Bitcoin cash ini disingkat dengan nama koin BCH ada yang menyebut BCC ada yang menyebut BCCF atau Bitcash (panggilan singkat akrab namun jarang digunakan yang paling sering di gunakan sebutan BCC atau BCH untuk koin Bitcoin cash.

5. EOS 


 Nah yang terakhir adalah coin EOS. mungkin anda masih asing dengan coin ini namun menurut coinmarketcap.com coin EOS menempati posisi 5 sebagai coin terbaik yang memiliki nilai jual yang tinggi.
EOS adalah Penawaran Koin Awal terbesar dalam sejarah mata uang digital. Setelah mengumpulkan sekitar $ 4 miliar, ia berjanji untuk menjadi protokol blockchain yang terukur dan sangat cepat dengan biaya transaksi nol.
Meskipun Mainnet dari EOS belum ditayangkan, banyak investor, analis, dan penggemar percaya bahwa Mainnet memiliki potensi untuk menjadi standar bagi Dapps yang memerlukan interaksi yang aman, cepat, dan gratis antara pengguna mereka.


(Info dikutip dari berbagai sumber dan dengan sedikit perubahan)

No comments:

Post a Comment