OKAERINASAI MINNA SAN :) "JINSEI WA OKURIMONODEARI, JINSEI WA YORIYOI NINGEN NI NARU TAME NO TOKKEN, KIKAI, SEKININ O WATASHITACHI NI ATAETE KUREMASU"
HIDUP ADALAH SEBUAH PEMBERIAN, DAN HIDUP MEMBERIKAN KITA KEISTIMEWAAN, KESEMPATAN, DAN TANGGUNG JAWAB UNTUK MENJADI SESEORANG YANG LEBIH BAIK :)

Saturday, 26 May 2018

TIPS AGAR MUDAH BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN FAKULTAS PERTANIAN USU



Hay sob gimana kabar kalian? baik baik saja kan?  :D
Pada sore hari ini saya Ansyari akan sharing ke buat kalian semua nih yang katanya sudah jadi salah satu mahasiswa baru kusus nya di fakultas pertanian usu ciee. . :D
selamat datang Admin ucapkan kepada kalian semua yang sudah berhasil lolos di segala macam seleksi untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di fakultas pertanian usu yang admin rasa mungkin cukup memberatkan hehehe :D
tapi mungkin sebagian kalian yang telah melihat pengumuman dan telah di terima merasa gak sabar kan ingin cepet" kuliah heheh karna biasanya kalau di usu jarak antara pengumuman lulus sampai masuk kuliah itu bisa sampai 3 bulan heheh , ya maklum sih admin dulu juga sama sperti kalian yang ga sabar ingin menginjakan kaki di kampus dan menyandang nama sebagai seorang mahasiswa esehhh :D
nah jadi kan disini admin ingin memberikan tips dan hal hal apa yang harus dilakukan sebelum masuk kuliah  nih kawan" kusus nya di fakultas pertanian usu dan juga admin akan memberikan tips agar bisa mudah beradaptasi di fakultas pertanian USU. oke cekidot ^_^

Ada 8 hal yang harus di persiapkan sebelum masuk kuliah yaitu  :

  1. Carilah Tempat Kost yang tidak terlalu jauh dari kampus 
    Nah bagi kalian yang datang dari luar daerah seperti dari berastagi, samosir atau daerah lainnya admin sarankan carilah tempat kost yang dekat dengan kampus max 15 menit jauh nya jika berjalan kaki. kenapa admin katakan begitu? karena jam kuliah di fakultas pertanian itu untuk semester awal biasanya di padatkan pada jam 8 pagi. dan termasuk juga jadwal praktikum yang akan dilaksanakan juga jam 8 pagi. jadi biar ngga terlambat maka carilah tempat kost yang dekat. dan juga resiko nya jika memilih tempat kost yang jauh adalah jika pergi naik angkot atau sepeda motor maka kemungkinan kamu akan terjebak macet, secara tau lah kan kayak mana daerah kota itu kalau pagi macetnya gimana hehehe :D
  2. Belilah Perlengkapan Wajib Yang dibutuhkan Selama Perkuliahan
    Nah untuk masalah perlengkapan, admin akan jelasin apa apa saja yang harus kalian persiapkan untuk perlengkapan kalian selama mengikuti kegiatan kuliah dan praktikum yaitu
    • Buku Tulis isi 100 , Buku doble Folio 100 lembar, Kertas A4 1 rim, Sampul coklat ukuran folio 100, Buku gambar ukuran A3 dan A4 1 buah saja, buku tulis isi 30 (2 lusin)
    • Pulpen 3 warna, Pensil, Setip, Rol, Tipex, hekter, logo pertanian 100 buah (print saja)
    • Baju laboratorium, Masker, sarung tangan karet sepasang, Celana keper dan Baju warna putih 2 pasang,
    • Caping, Cangkul (khusus laki") , Gembor (Khusus perempuan), dan pashpoto ukuran 3x4 dan 4x6 berwarna sebanyak 50 buah
    • Laptop, Falshdisk, Handphone android (Ugent)

    Oke itu tadi adalah sebagian yang admin sebutin untuk persiapan sebelum kuliah, karena menurut admin smua itu adalah hal" yang wajib dimiliki untuk bisa mengikuti segala kegiatan perkuliahan dan laboratorium di fakultas pertanian USU. nah admin akan mejelaskan fungsi masing" perlengkapan yang kalian perlukan secara ringkas saja.
    • Buku Tulis isi 100 = adalah untuk catatan kalian selama mengikuti perkuliahan, jadi sistem kuliah nya adalah dosen menerangkan melalui proyektor dan kalian mecatat yang peting" saja karea catatan kalian itu akan berguna untuk nanti mejawab soal" di ujian kelak
    • Buku Doble Folio 100 lembar =  Fungsi Doble folio disini adalah untuk tempat kalian menulis kan jurnal dan laporan praktikum kalian kelak ktika mengikuti kegiatan praktikum dilaboratorium, pengalaman admin menulis untuk menulis 1 jurnal di 1 kali pertemuan praktikum adalah sebanyak 10 lembar minimal, dan penulisan jurnal ini juga harus ditulis oleh TANGAN hehehe. iya emang harus pakai tangan loh admin juga dulu kaget disuru nulis sbanyak itu heheh. dan untuk penulisan jurnal nya nanti akan admin beritahu di sesi yang akan datang
    • Kertas A4 (1 rim) = sama sperti buku doble folio guna kertas A4 itu juga sbagai tempat untuk meulis jurnal juga karena ada sebagian laboratorium yang mewajibkan menulis jurnal di kertas A4 dan wajib TULIS TANGAN 
    • Sampul Coklat ukuran FOLIO = nah untuk sampul coklat disini gunanya adalah sebagai sampul untuk jurnal kalian kusus bagi yang memakai doble folio, jadi stiap jurnal itu disampul pakai ini ya guys
    • Buku gambar A3 dan A4 = nah disini untuk buku gambar di perlukan untuk membuat laporan kusus laboratorium botani, dan dasar perlidungan tanaman. jadi cara meggunakan nya nanti bakal dikasitau kok oleh asisten yang pentig kalian persiapkan saja.
    • Buku tulis isi 30 (2 lusin) = loh kok banyak kali ?? hehe iya untuk jaga jaga karena fungsi buku ini adalah untuk praktikum kalian nanti, karna stiap praktikum itu harus memiliki buku kuis, buku tugas, dan buku data untuk 1 lab. dan untuk semester awal kalian nanti, itu kalian akan masuk 4 lab sekaligus jadi ya kalikan saja.
    • Baju Lab, Sarung tangan, masker, =  dari namanya udh taulah yakan gunanya untuk apa :D ya ntar adik" semua kalau praktikum harus memiliki smua ini ya karna ini wajib. oya tambahan kalian harus membeli juga serbet dan kain flanel ya untuk sanitasi di lab.
    • Perlengkapan alat tulis = nah untuk ini sudah admin sebutkan diatas list nya, jadi kalau bisa ini wajib ada ya dan jangan beli nanggung hehe karna biasa nya akan banyak terjadi kasus alat tulis yang hilang karena sangkin sibuknya nanti kalian praktikum hehehe #curhat
    • Cangkul, caping, gembor = nah berhubung kalian kuliah di pertanian, jadi nanti kalian juga bakal ke lahan menanam tanaman juga, dan gunanya alat diatas untuk agar supaya kalian bisa bekerja keras dilahan hehhe, jangan sampai ga ada ya karna nanti asisten lab nya bakal marahin kalian loh jdi persiapan aja :D
    • pashpoto = untuk pashpoto ini sangat perlu untuk kalian gunakan seperti untuk membuat CV dan SP sebelum masuk laboratorium, serta foto ini juga untuk ditempel di badge name kalian kelak pada saat praktikum
    • Laptop, flashdisk, hp = nah ini nih yang terahir hehe, admin yakin deh kalian kalo yang beginian pasti punya hihihi :D gunanya juga udah tau lah pasti wkwkkwkw
  3. Jangan lupa Pangkas 1 sisir :D
    Khusus buat yang laki laki jangan lupa untuk selama 3 semester kuliah di fakultas pertanian usu kalian haruslah rapi termasuk juga masalah rambut heheheh, karna syarat utama masuk praktikum itu rambut ngga boleh gondrong hehehhe karena nanti akan dimarain ama abang dan kakak senior, ya sebenernya untuk kebaikan kita juga kok heheh jadi kalau dimarain nanti jangan mudah tersinggung dan ambil sisi positifnya saja ya guys :D
     
  4. Jangan ber make up
    Nah ini khusus yang wanita, admin saranin bagi kalian yang waktu SMA suka memakai make up dan riasan maka untuk sementara hilangkan lah sifat itu slama kuliah difakultas pertanian karena ngga ada gunanya wkwkkwk , kecuali kalian tadi anak ekonomi baru lah boleh hehehe, tpi emang bener kok karena di awal semester itu kalian akan merasakan gimananya lupa tidur dan lupa makan shingga untuk hal" seperti itu kalian mungkin tak akan sempat
  5. Jangan Pacaran sama 1 kelas
    Nah ini satu yang sering terjadi dikalanga maba hehehe, bukan nya admin melarang, tetapi untuk awal" jangan dulu deh karena itu akan mengganggu konsentrasi belajar kalian dan jika putus tengah jalan malah buat kalian ngga smangat belajar hihihi :D
  6. Kenali abang dan kakak senior kalian
    Di fakultas pertanian itu memegang erat sistem kekeluargaan jadi tak peduli kamu siapa dan bagaimana kamu, kamu dianggap sebagai keluarga. dan untuk kalian kenalilah abang dan kakak senior kalian khusus nya senior yang 3 tahun diatas kalian, karena merekalah orang yang akan mengarahkan kalian dari yang ngga tau menjadi tau. dan kalian haruslah menjaga kesopanan dan jangan mudah tersinggung jika ada kata" yang menyakiti, karena ibarat kata bahwa seseorang marah karna dia sayang sama kita. jadi kalian jangan mudah menyerah ya guys heheh jalani saja karna suka duka nya itulah yang membuat kalian menjadi lebih dewasa menyikapi segala sesuatu.
  7. Kalian harus selalu kompak 1 kelas
    Nah untuk masalah ini kalian tidak bisa bekerja sendiri jika kuliah di pertanian, karena kalian pasti bakal memerlukan bantuan terutama nanti bakal ada kelahan kalian , jadi haruslah kalian kompak satu sama lain dalam satu kelas karena dengan kompaknya kalian, maka kalian akan bisa melewati segala macam rintangan yang ada slama perkuliahan dan praktikum. karena menurut pengalaman admin bahwa hampir keseluruhan asisten lab itu slalu memberi nasehat agar para praktikan selalu kompak. jadi kalian harus tanamkan mind set ini sejak kalian masuk kuliah ya guys :)
  8. Jangan Menyerah dan Putus Asa
    Oke ini adalah pesan admin yang terahir untuk kalian semua :') . kalian jangan menyerah dan putus asa karena bisa dibilang bahwa sesulit" nya masuk ke perguruan tinggi negri, maka lebih sulit lagi untuk keluar dari perguruan tinggi negri dengan gelar kalian. jadi apapun masalah yang kalian hadapi selama perkuliahan jangan lah kalian berlarut larut dalam ke putus asaan apalgi sampai ada yang merasa bahwa dia salah jurusan stlah beberapa bulan kuliah dan mencoba untuk ikut seleksi tahun depan. menurut admin itu bukanlah solusi karna itu hanyalah menambah penyesalan di masa yang akan datang. jadi kunci nya adalah agar kalian bisa nyaman mengikuti perkuliahan, lakukanlah dengan ke ikhlasan dan selalu lah membuat inovasi baru yang membangkitkan smangat untuk kuliah dan sampai kalian menyandang gelar SARJANA.
Oke deh teman teman sekalian mugkin hanya ini sajalah informasi yang bisa admin berikan buat kalian yang sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru hehehe . jika ada yang ingin ditanyakan, dilahkan komentar ya guys di bawah, admin akan selalu ada buat kalian terkusus untuk adik adik mahasiswa fakultas pertanian jurusan agroteknologi usu :)
admin akhiri dengan jargon anak pertanian ya: PERTANIAN ????!!!  "SATU"

No comments:

Post a Comment