OKAERINASAI MINNA SAN :) "JINSEI WA OKURIMONODEARI, JINSEI WA YORIYOI NINGEN NI NARU TAME NO TOKKEN, KIKAI, SEKININ O WATASHITACHI NI ATAETE KUREMASU"
HIDUP ADALAH SEBUAH PEMBERIAN, DAN HIDUP MEMBERIKAN KITA KEISTIMEWAAN, KESEMPATAN, DAN TANGGUNG JAWAB UNTUK MENJADI SESEORANG YANG LEBIH BAIK :)

Sunday, 27 May 2018

DAFTAR NAMA TANAMAN DALAM BAHASA LATIN BAGIAN 1

Daftar nama  tanaman dalam  nama latin ini  adalah sebagai kumpulan nama tumbuhan (flora) yang dilengkapi dengan nama latin (ilmiah) beserta definisi nya. Daftar nama tanaman lengkap dengan nama latinnya saya susun sebagai daftar yang mana data ini saya kumpulkan dari buku karangan DR.C.G.G.J VAN STEENIS, DKK. 
Karena dalam buku tersebut terdapat banyak sekali nama tanaman dan definisinya sehingga Untuk lebih jelas dalam mendefinisikan jenis tanaman ini maka saya akan merangkum nya untuk setiap postingan sebanyak 5 jenis tanaman saja setiap minggunya. berikut adalah 5 daftar Tanaman dalam bahasa latin bagian 1.

1. Abelmoschus moschatus Medik


Dikenal dengan nama Hibiscus abelmoschus L. jenis abelmoschus sekarang kerap kali dikumpulkan degan hibiscus 

2. Abroma augusta L 



Definisi tanaman abroma ialah Perdu, tinggi 2-3m, berambut bintang, tidak berduri tempel. Daun bertangkai panjang, dengan pangkal berbentuk jantung da ujung meruncing, dibawah bulat, berlekuk 3-5, garis tengah 20-37 cm, diatas bulat telur memanjang, bergigi halus. Bunga berbilang 5 dalam payung tambahan, berbunga sedikit, diujung atau berhadapan dengan letak daun.  Kelopak berbagi sampai pangkal, dalam taju yang bulat telur bentuk lanset. Daun mahkota panjang 2-2,5 cm, dengan kuku yang cekung dan lebar dan helaian yang elliptis yang bertangkai pendek, ungu tua, dengan pangkal putih, lemas menggantung. Tabung benang sari berbentuk periuk, tiap kali berseling antara 3 kepala sari dan 1 staminodium. bakal buah beruang 5. Bakal biji banyak. tangkai putik 5. Buah bentuk lonceng atau bentuk kerucut terbalik, bersayap 5, berparuh atau tidak, pada ujung membuka pecah menurut ruang, disisi sisi membelah menurut sekat. papan biji menyirip panjang. sepanjang tepi air, dalam rimba semak dan pada daerah terbuka, 5-1.100 m. 

3. Abrus precatorius L


Definisi tanaman Abrus ialah setengah perdu yang membelit, tinggi 2-2,5 m. Daun berseling, anak daun 8-17 pasang, membulat lebar atau terpancung, daun ujung tulang daun, panjang 0.5 lk 2 cm, sempit, dengan rasa kayu manis. Bunga dalam tandan yang bertangkai dan bersisi sebelah, dalam berkas diatas tonjolan; yang bawah berkelamin 2, yang tinggi jantan; poros yang mendukung bunga 2,5-17 cm, kerap kali bengkok; tonjolan 10-50; anak tangkai bunga pendek. kelopak bergigi sangat  pendek. mahkota ungu muda, kemudian kemerah merahan. pada pangkal nya bersambungan dengan tabung benang sari; bendera berkuku pendek, bidang bendera panjang lk 1 cm; sayap berkuku panjang; lebih pendek daripada lunas yang tumpul. Benang sari bersatu menjadi tabung yang bercangap, benang sari bendera tidak ada. tangkai putik pada bunga bawah lk sama panjang dengan bakal buah. Polongan memanjang dengan sangat tebal; panjang 2-5 cm. Biji 3-6 bulat oval, 6-7 kali 4-5 mm. merah mengkilat, sekitar pusat biji yang putih dengan noda yang hitam. April- oktober terutama di daerah kering; 1-250 m ; juga dipelihara.
4. Abutilon indicum Sw


Definisi tanaman Abutilon ialah Semak kokoh, berumur pendek, pada pangkal nya kerap kali berkayu. berambut bintang yang pendek dan rapat. tetapi tidak berambut yang rekat. daun bertangkai panjang, bentuk jantung dengan ujung runcing, bergerigi gerigi beringgit kasar, bertulang daun menjari, terutama sisi bawah seperti vilt abu abu muda, yang bawah lebar dan panjang 4-11 cm. Bunga berdiri sendiri, di ketiak. Tangkai bunga 2-6 cm. beruas dibawah bunga. kelopak bentuk cekungan atau lonceng, bercangap 5. Daun mahkota bulat telur terbalik miring. Panjang 12-15 mm, kuning. Benang sari bersatu menjadi bentuk kerucut. dengan tabung yang tertutup rambut rambut bintang. hanya diujungnya mendukung benang sari yang lepas. Bakal buah beruang 15-25. Tangkai putik pada tangkainya bersatu. Kepala putik bentuk tombol. Buah bentuk pola tertekan, kendaga 15-25, kerapkali berbiji 3. ditempat yang terbuka, dirimba semak dll. terutama didaerah bermusim kemarau yang kuat 1-400 m.

5. Acacia farnesiana Willd



Definisi tanaman Acacia iaah perdu yang tegak, kadnag kadang menyerupai pohon; tinggi 1-3m. daun dengan  2-8 pasang sirip yang panjangnya 10-35 cm. Anak daun 8-20 per sirip. memajang dengan bentuk garis dengan ujung bulat dan pangkal miring, panjang 3 - 8 mm. tangkai bongkol 0.5-4 cm dengan pembalut yang tersembunyi oleh karena bunga. Bongkol  1-7 dalam ketiak, kuning cerah, sangat berbau enak, diameter lk 1,5 cm. kelopak bergigi 5, bersatu berbentuk lonceng, seperti selaput hijau, tinggi 1 mm. mahkota berbentuk tabung, tinggi lk 2 mm. bertaju 5. benang sari banyak, lepas, kuning, panjang lk 0,5 cm. bakal buah gundul. polongan bertangkai pendek, bulat cylindris, dengan sambungan yang lebar dan pipih. bengkok, gundul, akhirnya hitam, panjang 4-7,5 cm. tidak membuka. biji sampai 15, didalam daging buah. dari amerika tropis, didaerah kering menjadi liar; 1-250 m.

No comments:

Post a Comment