OKAERINASAI MINNA SAN :) "JINSEI WA OKURIMONODEARI, JINSEI WA YORIYOI NINGEN NI NARU TAME NO TOKKEN, KIKAI, SEKININ O WATASHITACHI NI ATAETE KUREMASU"
HIDUP ADALAH SEBUAH PEMBERIAN, DAN HIDUP MEMBERIKAN KITA KEISTIMEWAAN, KESEMPATAN, DAN TANGGUNG JAWAB UNTUK MENJADI SESEORANG YANG LEBIH BAIK :)

Saturday, 10 February 2018

PADANG RUMPUT DAN HUTAN PAKU PAKUAN

     

        Padang rumput dan hutan paku-pakuan merupakan vegetasi, dimana lain semak tidak memegang peranan penting. Ada beberapa bentuk transisi arah hutan semak ini. Kadang kadang hutan tersebut diatas terdapat dibawah pepohonan, misalnya dihutan kelapa, kadang kadang merupakan padang penggembalaan yang terbuka. Paku pakuan terutama merupakan jenis Nephrolepis, blechnum, Pterdium dan Pteris.

     Hutan rumput atau padang rumput dapat berbeda sekali rumput-rumputnya, kebanyakan merupakan campuran. Penyusunannya ternyata berbeda pula menurut musimnya, misalnya Andropogan aciculatus suatu rumput biasa tetapi dimusim hujan merupakan gangguan bijinya, sedangkan dimusim kemarau ditempat yang sama bentuk vegetasinya adalah Polytrias.

    Didaerah yang betul-betul rumput alang-alang jarang. Nama "alang-alang" kerap kali dipakai sebagai nama kumpulan dari rumput yang tinggi dan kasar. Alang-alang yang sesungguhnya adalah Fi (Timor),  Kusu-kusu (Menado, maluku), Re (Sumbawa), Lea (Toraja), Gombun (Irian barat - Kapaur) yang dinamakan  : Imperata. Lapangan yang luas yang ditumbuhinya dapat dilihat disekitar emplacement Tanjung Priok, bungannya mudah terlihat merupakan inflorecentia yang berupa malai dan terminalis. Mengenai alang-alang dikalangan "leek'  timbul banyak ceritera, yang didasarkan atas fantasi. Alang-alang bukanlah rumput yang meunjukan tanah yang miskin. Sebaliknya ia tumbuh ditanah yang keadaanya sedang sampai pada tanah yang baik. Ia juga tidak tahan terhadap beberapa pengaruh, misalnya tidak tahan terhadap pangkasan terus menerus, tidak tahan terhadap inundasi dan juga tidak tahan terhadap injakan terus menerus. Tumbuh-tumbuhan ini memilih tanah yang baru dikerjakan, tanah terbuka, dilapangan penggembalaan yang sungguh jarang ada. Sebaliknya rumput ini tahan terhadap pembakaran ditempat tumbuh. pribahasa abu dari lapangan rumput belum mendingin akar rimpang yang ada didalam tanah telah mengeluarkan tunas baru dan muda keatas.
       Dari rumput yang dicantumkan dalam buku flora ini rumput Ischaemum adalah umum. Chloris yang mudah dikenal merupakan padang rumput yang pendek dan murni yang tersebar terutama dipantai Utara jawa. Saccharum spontaneum biasa terdapat ditempat yang basah dan dapat menutup dinding jurang dengan vegetasinya setinggi orang.


Sumber oleh : Buku "Flora" karya DR. C.G.G.J. VAN STEENIS, DKK.

5 comments:

  1. Mantap gan, cuma sayang tampilan di hp nya kekecilan gan, kurang friendly

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya gan makasih masukannya gan, nti akan saya coba buat lebih baik lagi :D

      Delete
    2. jangan lupa folow back saya ya gan hehe

      Delete
  2. nica gan, di tunggu kunbal nya ya :) blog seputar dunia android dan pemrograman

    https://gdevnet.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan siap laksanakan :D jangn lupa folow saya gan biar bisa saling Visit hehe

      Delete